Minggu, 26 Januari 2014

Ilmu kita, ilmu hidup juga, bukan?



"Berapa banyak malam yg kau lewati dengan menelaah ilmu pengetahuan, membaca buku atau berdiskusi, dan kamu selalu berusaha terjaga? Atau tidak tahu apa yang memotivasimu untuk bangkit" cuplikan pada bukunya Imam Al-Ghazali yang berjudul 14 jalan mencintai Allah.

***

Seketika aku melarung berbagai hal yang menyapaku pada berpekan ini. Masih ingat betul bagaimana aku menghabiskan tiga-empat jamku dalam satu hari untuk bercengkerama dengan sedikit buku-bukuku dan berbagai tulisan dalam dunia maya. Tak ketinggalan juga dengan tombol-tombol canggih hasil modernisasi zaman, bukan lagi pena memang.

Mendapati banyak ilmu dalam setiap indra mataku. Dengan sedikit polesan hiperbolik sudah cukup membuat diri ini senang. Senang menikmati karya sendiri. Cukup pecundang bukan tanpa membandingkan dengan yang lain?

Tak hanya itu, niat awal mencari ilmu sebenarnya lebih kearah ingin mendapat penghormatan, penghargaan dan tak jarang pencitraan diri. Pada mata kasarku, banyak bertebaran mereka yang mungkin pintar dari yang lain, yang selalu berbangga diri ketika mendapat IP paling baik. Menyunggingkan senyum, lantas mendongak tanpa sapa, kemudian melenggang sebab bangga terhadap pencapaiannya.

Aku ingin bertanya, apa semua pencapaian tersebut bisa bersifat mutlak?

Yang ingin aku kutip, sebenarnya tak ada yang salah jika kita mampu memberikan reward pada diri sendiri atas secuil ilmu dan pengamalannya. Bukankah pada hakikatnya, segala ilmu itu harus diamalkan jika ingin mendapat berkah-Nya? Daripada yang menimbun ilmu tanpa mengaplikasikan pada kawan-kawan lain yang butuh? Sejatinya, ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang berbanding lurus dengan pengamalan sepadan ilmu tersebut.

Di sinipun, aku masih seperti manusia bodoh. Berbagai ilmu yang kumiliki, belum sepenuhnya bisa aku terapkan pada kehidupanku. Hanya mampu memohon kepada Tuhan semesta raya agar segala pandang burukku segera diluruskan. Aku percaya pada dahsyatnya kekuatan doa ketika kening dan sajadah sudah mulai menyatu malam ini. Juga berbagai lantunan ayat.

***

"Meski selama seratus tahun kamu duduk membaca beribu judul buku, namun bila kandungan ilmu tidak kamu amalkan, tentu itu tidak mengantarkanmu kepada kebahagiaan dan rahmat Ilahi". Imam Al-Ghazali~


Tidak ada komentar:

Posting Komentar